Jumat, 20 Januari 2012

Pendukung dan Penentang RUU SOPA

ini lanjutan dari postingan ane sebelumnya : Tentang RUU SOPA

Banyak yang menganggap RUU SOPA akan mennyelamatkan kekayaan intelektual dari pembajakan, namun dilain pihak juga banyak yang menganggap RUU SOPA merupakan ancaman bagi kebebasan berinternet . Pengguna internet umum, perusahaan-perusahaan Internet dan ISP menentang disahkannya SOPA ini. Dan ternyata ada yang sebelumnya menjadi pendukung sekarang justru menolak RUU ini.

Siapa Saja yang mendukung SOPA ??
Dilansir PC World, Kamis (19/1/2012), di luar pemerintahan, pihak-pihak yang mendukung SOPA-PIPA kebanyakan terdiri dari perusahaan media. Termasuk label rekaman, jaringan TV, studio film, dan penerbit buku. Beberapa perusahaan yang tertarik untuk melawan penjualan tiruan produknya, seperti produsen produk kecantikan Revlon dan perusahaan farmasi Pfizer, juga muncul dalam daftar pendukung SOPA-PIPA.

Siapa Saja yang menentang SOPA ??

GoDaddy.com
GoDaddy.com merupakan salah satu perusahaan besar yang mendukung SOPA. Namun menerima ancaman akan terjadinya pemboikotan dari para pemilik website yang juga bagian dari konsumen layanannya di GoDaddy.com.

Jimmy Whales, pendiri Wikipedia secara terbuka ngetweet yang mengatakan bahwa mereka akan bangga untuk memindahkan semua domain mereka dari GoDaddy.com dan hal yang sama akan diikuti sebagai pemboikotan besar-besaran dalam satu hari, sebanyak 21.000 nama domain dari GoDaddy.

Bahkan ada situs muncul untuk mempromosikan kegiatan pemboikotan GoDaddy.com seperti ByeDaddy.com dan Godaddyboycott.org

Akhirnya drama ini berakhir setelah GoDaddy secara terbuka mengumumkan bahwa mereka menarik dukungan kepada SOPA.

Penolakan Rubio dari Florida dan Roy Blunt dari Missouri !!!

Siapakah kedua orang diatas ?? Rubio dan Roy Blunt adalah senator kuat AS yang awalnya mendukung RUU SOPA. Dukungan mereka sebelumnya cukup mempengaruhi berlakunya RUU ini. Namun protes sejumlah situs utama di internet yang mematikan layanan mereka selama 24 jam, membuat Rubio dan Roy Blunt menarik dukungan mereka (BBC news, Rabu 18 Januari 2012 ).

Selain dua senator tersebut, terdapat enam senator lainnya, baik dari Partai Demokrat dan Republik, yang juga mengubah dukungan mereka. Salah satu senator yang berbalik menolak, Dennis Ross dari Florida, mengatakan alasannya mengubah pandangannya. "Sebagai seorang pendukung pasar bebas sejati, saya ingin hak cipta dilindungi secara benar," kata Ross di akun Twitternya.

Gedung Putih Juga MenolakGedung putih juga ternyata menolak, pihak Gedung Putih mengatakan, "Kami tidak akan mendukung peraturan yang mengurangi kebebasan berekspresi, meningkatkan resiko keamanan dunia maya, dan menghalau inovasi di dunia internet global yang dinamis."

Berbagai situs besar, salah satunya adalah Wikipedia, menghentikan layanan mereka selama 24 jam sebaga bentuk protes. Langkah ini disusul juga oleh sekitar 7.000 situs lainnya. Di antaranya adalah Google, Mozilla, Wordpress, MoveOn, dan TwitPic. Bedanya, mereka hanya protes lewat halaman depan yang telah dimodifikasi dengan aksesori bertema sensor atau pemblokiran. Situs sendiri tetap berjalan seperti biasa

Bagaimana dengan Apple dan Microsoft ??
Apple dan Microsoft merupakan anggota BSA (Busines Software Alliance). Tapi Apple tidak menyatakan ke publik mengenai dukungan atau penolakan terhadap SOPA-PIPA, sementara itu Microsoft yang awalnya mendukung, sekarang telah menentang RUU SOPA.

Bagaimana dengan Sony Electronics, Electronic Arts, dan Nintendo
3 perusahaan game terbesar ini sebelumnya mendukung deklarasi Stop Online Piracy Act (SOPA), namun belakangan ini secara diam-diam menarik dukungannya.

Dilansir Destructoid, Minggu (1/1/2011), saat pertama kali deklarasi anti pembajakan tersebut diwujudkan, ketiga perusahaan game terbesar itu ada di antara nama-nama pendukung deklarasi SOPA. Namun, baru-baru ini nama mereka menghilang dari daftar tersebut.

Sony/ATV music  Publishing, Sony Music Entertainment, dan Sony Music Nashville masih tercantum di dalam daftar, namun segala yang berhubungan dengan bagian elektronik perusahaan tersebut tidak lagi tercantum.

Meskipun begitu, ketiga perusahaan tersebut adalah anggota Entertainment Software Association (ESA), sebuah grup yang masih mendukung SOPA. Meskipun dukungan secara individual telah mereka tarik, perusahaan-perusahaan itu masih mendukung kebajikan grup, sebagai anggota ESA. Bukti dukungan mereka berubah, dari mendukung dua kali, jadi mendukung satu kali.


Bagaimana dengan kita ???

Ane secara pribadi berharap RUU ini ditak diberlakukan, rugi-rugi donk blog ane, soalnya juga mengandung beberapa konten ilegal, hehehe. Kita juga jadi gak bebas dalam mencari informasi melalui internet. Gak bisa ngedonwnloa lagu gratis, video gratis, dan ebook gratis. Perusahaan-perusahaan bersar saja mengakui adanya efek negatif jika RUU SOPA diberlakukan, apalagi sayaaa.
Gimana dengan agan sekalian ???

0 komentar:

Posting Komentar

 
;